--> Skip to main content

Wisata Lokal Kebun Teh ACD Taraju

Wisata Lokal Kebun Teh ACD Taraju - Ngomong-ngomong soal wisata jadi teringat kampung sendiri, ternyata di tempat saya sendiri juga ada tempat untuk berlibur hanya untuk menghilangkan penat,tapi tidak jarang juga banyak pendatang dari luar untuk sekedar melihat keindahan alam yang terhempar luas dengan dipenuhi pohon teh. ACD, yah itu dia nama tempat perkebunan teh yang berada tidak jauh dari kecamatan taraju, jarak dari kantor kecamatan ke perkebunan hanya 4 kilo. Di tempat ini ada sebuah pabrik yang mengolah teh sejak jaman belanda, di tempat ini juga anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, sejuk dan menyegarkan. Ada banyak pengunjung sengaja datang bersama keluarga,teman atau pacarnya bersama-sama datang untuk megisi waktu libur dengan bersantai duduk lesehan dipinggir-pinggir kebun teh. Sebelum kami melanjutkan cerita marilah kita kenali dulu letak geografis daerah taraju.

Letak Geografis Daerah Taraju.

Kecamatan Taraju terletak 48 km dari Ibukota Kabupaten, luas wilayah 5.552 Ha, keadaan wilayah sebagian besar terdiri dari perbukitan dan sebagian kecil dataran, ketinggian 800 dpi, jenis tanah sebagian andosol dan sebagian latosol coklat kekuningan (tingkat kesuburan sedang) dengan temperatur antara 18-25°C, hal ini cocok untuk tanaman pangan : padi, palawija dan horlikultura ; tanaman perkebunan : teh, kopi, aren dan untuk petemakan : sapi potong, domba/kambing. Dengan rata-rata curah hujan 3.797 mm/tahun termasuk daerah tipe curah hujan basah.

Kebunteh  ACD Taraju
Kebun Teh ACD Taraju, objek wisata alam By: sakacamprung
Batas Administrasi

- Sebelah Utara, berbatasan dengan Kec. Puspahiang
- Sebelah Barat, berbatasan dengan Kab. Garut
- Sebelah Timur, berbatasan dengan Kec. Sodonghilir
- Sebelah Selatan, berbatasan dengan Kec. Bojonggambir

Jumlah Desa 9 desaDesa Taraju
  • Desa Banyuasih
  • Desa Raksasari
  • Desa Singasari
  • Desa Cikubang
  • Desa Deudeul
  • Desa Pageralam
  • Desa Kertaraharja
  • Desa Purwarahayu
Sumber terkait :http://taraju-panineungan.blogspot.co.id/2011/10/profil-kecamatan-taraju.html

Potensi Unggulan

Pertanian Antara lain teh, padi, palawija dan seperti cabe merah, tomat, jeruk, pisang dlsb. Luas lahan pertanian di Kecamatan Taraju seluas 4.220 Ha yang terdiri dari lahan Sawah 1.159 Ha dan lahan kering 3.061 Ha lahan sawah terdiri dari Pengairan Pedesaan 771 Ha, dan sawah tadah hujan 338 Ha. Perkebunan tercatat seluas 2.062,272 Ha meliputi perkebunan rakyat 1.329.600 Ha, perkebunan swasta 732,672 Ha, komoditas yang dikembangkan yaitu Teh dan Aren sedangkan komoditas alternatit antara lain Kopi, Cengkeh. Kehutanan Luas hutan negara sebesar 1.010,70 Ha terdiri dari hutan produksi seluas 522,4 Ha dan hutan lindung seluas 488,3 Ha, luas hutan rakyat 157 Ha

Selain itu ada juga tempat-tempat yang mungkin anda sukai, karena ada beberapa objek wisata lokal lainya yang mungkin perlu anda ketahui, yaitu Curug Cipalasari dan Situ Cilangla Taraju. Semua tempat tersebut sangat berdekatan. karena memang kecamatan taraju tidak terlalu luas namun untuk fotensi alam cukup meyakinkan. Nah bagi anda yang mau berkunjung ke daerah di mana kami berada, silahkan ada banyak keindahan alam yang bisa anda saksikan, mulai dari kebun teh, situ tempat pemancingan, dan tempat-tempat indah lainnya. Salam [SKP]
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar