--> Skip to main content

Wisata Lokal Situ Cilangla Taraju

Situ Cilangla Taraju - Situ Cilangla Taraju tidak jauh dari tempat admin bermukim, secara administratif situ Cilangla terletak di Kampung Cilangla, Desa Raksasari, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, berjarak sekitar 50 Km dari Ibukota Kabupaten Tasikmalaya. Kecamatan Taraju sendiri, mayoritas merupakan daerah perkebunan, terutama perkebunan teh. Sebagian besar mata pencaharian dan peruntukan lahan di Kecamatan Taraju berasal dari perkebunan teh. Salah satu pabrik teh yang terkenal di daerah taraju yaitu ACD. Kebun teh ACD adalah kekayan alam yang berada di daerah taraju,  luas dari kebun ini sangat lebar, hampir semua kebun teh adalah milik perkebunan yang dikelola oleh Pabrik Teh ACD.
Baca : ("Wisata Lokal kebun teh ACD").


Situ Cilangla dibuat oleh para leluhur dan nenek moyang orang taraju pada jaman dahulu,kira-kira 150 tahun kebelakang,  Dalam riwayatnya orang yang paling dikenal oleh masyarakat taraju, bahwa situ Cilangla di bangun oleh Seseorang dan di bantu masyarakat taraju, Menurut sumber yang sudah menelusuri cerita terbentuknya situ cilangla, Situ Cilangla berasal dari nama salah seorang tokoh di Kedusunan Cilangla bernama Abah Laya yang membelah bukit pasir di hilir aliran mata air induk hingga terbentuk bentangan sepanjang 1 Km antara Kampung Cilangla dan Kampung Ciwalahir hingga akhirnya diberi nama Situ Cilangla. 


Wisata Lokal Situ Cilangla Taraju
Situ Cilangla - Image By : Sakacamprung
Cerita Rakyat mengenai Abah Laya dan Situ Cilangla ini sudah berumur sekitar 150 tahun. Meskipun sudah berumur 150 tahun, teteapi kondisi Situ Cilangla tetap tidak mengalami perubahan, baik dari segi prasarana dan sarana, kondisi di sekitar Situ Cilangla, bahkan informasi di internet maupun papan penunjuk arah di lapangan pun tidak ada. Sejak awal, Situ Cilangla memang difokuskan untuk budidaya perikanan dan sebagai sumber air bagi perkebunan teh dan beberapa kebun warga di sekitarnya. Terdapat penangkaran dan keramba di Situ Cilangla, selain itu juga terdapat areal untuk memancing. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu, sering diadakan perlombaan ketangkasan memancing di Situ Cilangla dengan tarif pendaftaran dan hadiah yang sudah disesuaikan.

Wisata Lokal Situ Cilangla Taraju
Orang Sedang memancing di Situ Cilangla- Image By: Sakacamprung
Ini adalah suasana ketika orang-orang lokal yang sedang mancing ikan di Situ Cilangla, Di sebelah situ terdapat kolam pemancingan buatan, yang mana tadi sudah saya jelaskan di atas. Termasuk Admin sendiri suka mancing, Maaf bukan sukamancing keributan,..he..he..Tapi untuk saya pribadi mancingnya tidak suka dikolam yang buat lomba, saya sukanya yang alami saja. Selain situ dan kolam ditempat yang sama sudah tersedia kolam pemandian atau kolam untuk berenang, Biasanya kalau setiap hari libur, kolam tersebut selalu ramai dengan pengunjung baik dari luar ataupun warga setempat. Situ Cilangla sangat cocok untuk anda kunjungi, selain suasananya lumayan indah dan rindang hawanya juga seger karena letaknya di tengah-tengah perkebunan teh warga.

Ok itulah sedikit info tentang ("Wisata lokal Situ Cilangla Taraju") yang terletak 50 km dari Kota Kabupaten Tasikmalaya,Mudah-mudahan info Wisata ini bermanfaat bagi anda semua. Dan Bagi anda yang ingin mencoba mengunjunginya silahkan, lokasi ini cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga sambil menghirup udara dingin daerah kebun teh Taraju. Salam [SKP]

Artikel Yang Lainya Dari Info Wisata :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar