--> Skip to main content

Cara Membuat Pempek Makanan Khas Palembang

Cara Membuat Makanan Pempek Palembang - Bismillahirohmanirrohim, hai semua sobat dumay Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi pada kesempatan hari ini. Ok bagaimana kabarnya kalaian hari ini dan hari-hari yang sudah terlewatkan? syukur deh kalau semua sobat lagi pada baik. Ok pada kesempatan ini kita disini hanya akan berbagi tentang membuat panganan/ makanan daerah. Salah satunya ialah dari daerah profinsi sumatra selatan atau lebih tepatnya daerah palembang. Apakah itu? Betul panganan itu adalah Pempek. Baiklah mari kita coba untuk meracik dan mengumulkan dulu bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan untuk membuat pempek
  1. Ikan tenggiri atau ikan apa saja 1/2kg, yang jelas untuk memberi rasa dan bau khas.
  2. Tepung terigu 1/2kg
  3. Tepung kanji, 1kg .
  4. Garam secukupnya.
  5. Penyedap rasa/meecen.
  6. Telor ayam 1/4.
  7. Bawang putih 5 siung.
Gambar Google
Nah setelah bahan-bahan tadi terkumpul, Langkah awal yang harus anda lakukan untuk membuat Mpek-Mpek tersebut adalah.
Ambil daging ikan dengan cara membuang duri-durinya, setelah dagingnya di ambil anda boleh menghaluskannya dengan cara digiling atau diblender, langkah kedua rebuslah terigu namun sebelumnya, anda harus mencampurkannya dengan bumbu-bumbu. Diantaranya : garam, bawah putih, telur, dan penyedap rasa, dengan cara digures sebelum di campurkan, dan untuk telur anda campurkan setelah terigu tersebut matang. Nah sebelumtelur di masukan, silahkan anda ambil terigu campurkan dengan air hingga encer, lalu masukan bumbu-bumbu tadi yang anda gures. lalu di godok higga matang, namun selama proses penggodokan terigu tersebut anda harus menguceknya sampai bahan tersebut matang dan mengental sampai bentuk dan warnanya menguning. Setelah proses penggodokan terigu selesai, angkatlah dan tiriskan sampai dingin.

Proses selanjutnya, ambil dua butir telur lalu campurkan dengan terigu matang tadi kedalamnya aduk hingga merata. setelah merata ambilah tepung kanji dan ikan yang sudah digiling, perbandingan tepung kanji dan tepung terigu, 1kg tepung kanji, 1/2kg tepung terigu. campurkan bahan tersebut lalu di ulek dengan tangan hingga ketiga bahan tadi tercampur merata, cara pengulekan harus benar-benar tercapur dan sudah terasa alot dan halus jangan sampai masih terasa kasar. Sesudah terasa adonan pempek tadi bagus silahkan anda cetak dengn ukuran selera anda.

Proses seterusnya, kalau bahan tersebut sudah dicetak semua anda tinggal mempersiapkan air setengah panci atau kira-kira 1L, rebuslah air tersebut hingga mendidih, setelah mendidih masukan pempek tadi kedalam air mendidih sampai pempek nyembul keatas/matang, angkat dan tiriskan. Setelah dikira dingin dan sudah tidak lengket anda tinggal menggorengnya, nikmat kan, he...he...,Dan untuk bumbu campuran makan pempek biar nikmat anda bisa mencampurnya dengan Cuka [bukan cuka baso red].

Dan inilah bahan-bahan untuk pembuatan Cuka Mpek-Mpek.
  1. Gula merah 1kg.
  2. Cabe cengek 1/4.
  3. bawang putih 5 siung, bila kurang tambahin.
  4. Garam secukupnya.
  5. Asam jawa/Cuka asam secukupnya.
Campurkan bahan-bahan tadi kedalam panci, namun sebelumnya anda harus merebus air dan gula terdahulu hinggamendidih, lalu giling cabe, asem jawa dan bawang putih sampai lembut, setelah selesai masukan semua kedalam rebusan gula, masak hingga mendidih.

Nah itulah sob sedikit sering tentang resep masakan Cara Membuat Makanan Pempek Palembang untuk mengisi waktu luang anda . Dan kebetulan saya sering buat bahkan sempet berjualan mpek-mpek keliling dan alhamdulillah laris. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar